Bagaimana Strategi Optimasi ASO?

  • 2 min read
  • Jun 21, 2020

Mungkin Anda sudah tau bahwa proses optimasi ASO sangat penting, akan tetapi bingung bagaimana cara penerapannya? Bagaiaman cara penerapa ASO (app store optimization) yang benar agar bisa meningkatkan visibilitas serta jumlah download apps kita? Mari kita kupas dan lihat proses strategi pemasaran ASO.

1. Riset Kata Kunci/Riset Pasar

Memilih “kata kunci” yang tepat adalah hal yang amat penting untuk seorang publisher Android agar bisa bersaing untuk mendapatkan peringkat “pencarian” di play store Google. Anda harus teliti dalam menargetkan pengguna yang memiliki relevansi tinggi (harus terkait dengan apps Anda) dalam riset persaingan “kata kunci” yang memiliki persaingan mulai dari yang tertinggi, menengah, dan rendah. Untuk cara riset “kata kunci” Anda bisa mengunjungi beberapa video di Channel Bayao Studio tentang cara riset kata kunci di Appbrain, Bayusp, dan Appannie.

Strategi riset kata kunci di play store itu berbeda penerapannya untuk setiap aplikasi. Misalnya untuk sebuah apps baru, akan lebih baik jika menggunakan kata kunci yang tingkat persaingannya lebih rendah, agar bisa bersaing mendapatkan peringkat di pencarian play store. Seiring bertambahnya jumlah download apps, maka Anda bisa menambahkan beberapa “kata kunci” dengan tingkat persaingan menengah, sampai ke yang tertinggi di halaman deskripisi lengkap, maupun deskripsi singkat, dan ini yang di maksud dengan “optimasi lanjutan” dalam penerapan kata kunci di play store.

Masih di halaman “Store Listing”, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam aplikasi atau game Anda, maka harus di terbitkan secara global (tersedia di seluruh Dunia) dengan catatan Anda bisa menambahkan beberapa Bahasa untuk lokalisasi agar bisa mengoptimalkannya lebih baik.

2. Optimalkan untuk visibilitas (pencarian +jelajah) & Konversi

Di bagian ini akan kita bahas semua lini tentang optimasi apps untuk meningkatkan visibilitas dan tingkat konversi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

-Tambahkan kata kunci di judul apps (30 karakter)
-Deskripsi singkat (80 karakter)
-Deskripsi Lengkap (4.000 karakter)

Usahakan Anda memanfaatkan semua “space” yang di sediakan google play, karena play store itu mengindeks hampir semua teks yang muncul di daftar play store Anda.

Conversion Rate Optimization (CRO)

Anda harus selalu teliti dalam menerapkan Ikon (ukuran 512×512 pixel) , Fitur Gambar (ukuran 1024×500 pixel) atau tangkapan layar (ukuran 1280×720 pixel bisa juga 1080×1920 dalam mode portrait/lanscape) karena dengan membuat graphic menarik, itu akan meningkatkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan berujung dengan mendapatkian download yang lebih banyak (next akan di bahas lebih lengkap ya)..

3. Pantau Key Performance Indicator (KPI)

Anda bisa melacak semua KPI Utama diantaranya: kata kunci, pesaing, top charts, instal organik (menurut negara), visbilitas aplikasi yang serupa, tingkat konversi yang akan di instal, pendapatan isntal dari instal organik (IAP atau Iklan) serta perubahan dalam daftar (on-metadata). Saya akan bahas lagi di artikel selanjutnnya lebih lengkap tentang cara melacak dan mengoptimalkan KPI ASO Utama.

Artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber artikel dan forum-forum luar lainnya lalu saya kemas dengan bahasa Indonesia supaya mudah di mengerti oleh rekan-rekan publisher Indonesia. Terima kasih telah berkenan membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Silahkan terus di pantau ya temen-temen…

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *